Senin, 28 Januari 2013

Bagaimana jika umat islam Golput?

Tergugah batin untuk merefleleksikan jemari memposting Tulisan saifudin amin berikut ini
Umat islam menang, Kelompok sekuler bisa menang
warnaislam.com — Kalangan ahli fikih dan hadis setuju pemilu adalah kewajiban agama yang harus ditegakkan.Karena itu, pihak yang memilih golongan putih, alias tidak menggunakan hak pilihnya dinilai berdosa. "Iya, hukumnya haram," ujar pakar fikih Dr. Rusli Hasbi, MA kepada warnaislam.com.

Dijelaskannya, bagi mereka yang tidak mengerti sejarah hukum Islam akan beranggapan bahwa pemilu atau hak pilih adalah bukan bagian dari agama. Padahal, dalam Islam tidak ada pemilahan mana urusan agama atau bukan. Islam melihat pemilu adalah bagian dari kemaslahatan negara dan rakyat.
"Bila bukan bagian dari agama, tentu para sahabat tidak melakukan bai'at kepada Abu Bakar al-Shiddik sebagai khalifah. Padahal, saat itu jenazah Rasulullah Saw telah siap dishalatkan dan dikafani. Jadi kewajiban pemilu ini kewajiban agama. Dalam Islam tidak ada pisah-memisahkan urusan," papar Rusli, dosen Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Oleh karena itu, ia menghimbau umat Islam untuk tidak golput dalam pemilu 2009. "Sebagai umat Islam kita wajib berpartisipasi ikut serta dalam pemilu. Ini kewajiban agama," ujar doktor fikih jebolan Universitas Umdorman, Sudan.
Sementara pakar hadis Dr. Sahabuddin menjelaskan, bahwa fatwa sejumlah ulama yang menyatakan golput adalah haram penting dan perlu didukung. Sebab, bila umat Islam tidak ikut berpartisipasi maka biaya triliunan rupiah itu akan sia-sia atau mubadzir. "Mubadzir itu haram, dan dosa pelakunya," ujar dia.
Selain itu, kata peraih doktor hadis dari Universitas Al-Azhar, Kairo, bila kaum muslimin golput, maka dikhawatirkan kelompok sekular yang menang dalam pemilu, karena partai-partai Islam tidak mendapat suara yang cukup. "Jangan sampai mereka yang menang. Pilih partai atau tokoh yang benar-benar bisa jadi pemimpin," kata Sahabuddin mengingatkan.

http://warnaislam.com/berita/negeri/2008/12/22/62880/Umat_Islam_Golput_Kelompok_Sekular_Bisa_Menang.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar